skip to Main Content
Website Resmi Sistem Informasi Profil Daerah Kabupaten Batu Bara
Bappeda Kabupaten Batu Bara Gunakan SIPD Yang Di Bangun Kemendagri

Bappeda Kabupaten Batu Bara Gunakan SIPD yang di Bangun Kemendagri

Bappeda Kabupaten Batu Bara menggunakan SIPD (Sistem Informasi Pembangunan Daerah) yang dibangun oleh Ditjen Bina Bangda Kemendagri (https://sipd.kemendagri.go.id/).. Sistem Informasi ini terdiri dari empat sistem aplikasi yaitu:

  1. E-Database
  2. E-Planning
  3. E-Monev
  4. E-Reporting

Dari 4 aplikasi baru dua yang direlease oleh Ditjen Bina Bangda Kemendagri yaitu E-Database dan E-Planning. Untuk E-Planning SIPD ini juga telah terintegrasi dengan E-Planning Kabupaten Batu Bara.

Sementara untuk aplikasi E-Database, aplikasi ini telah ada sejak tahun 2014. Aplikasi ini terus bermetamorfosis dan diperbaharui agar lebih baik dan saat ini sedang dikembangkan untuk diintegrasikan dengan aplikasi E-Planning. Hal ini dimaksudkan agar perencanaan yang disusun berdasarkan data yang dapat dipertanggungjawabkan melalui SIPD sesuai dengan Permendagri Nomor 98 Tahun 2018.

Basis data tersebut terdiri dari 8 kelompok yang datanya diinput oleh masing-masing OPD di Kabupaten Batu Bara sesuai urusan berikut:

  1. Data Umum
  2. Sosial Budaya
  3. Sumberdaya Alam
  4. Infrastruktur
  5. Industri, Perdagangan, Keuangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Investasi
  6. Ekonomi dan Keuangan
  7. Politik, Hukum dan Keamanan
  8. Insidensial

Maksud pengembangan manajemen data kedalam Sistem Informasi Pembangunan Daerah antara lain adalah untuk menyediakan dan memenuhi kebutuhan data dan informasi untuk meningkatkan kapasitas daerah, khususnya sebagai bahan untuk penyusunan perencanaan pembangunan di tingkat Daerah sampai Pusat.

Back To Top